Kroket Kentang

kroket2.jpg

Bahan-bahan:

  • 500 gr. kentang, kupas kulitnya, kukus
  • 25 gr. susu bubuk (aku gak pake, krn gak punya)
  • garam dan merica bubuk secukupnya
  • 2 telur
  • tepung panir
  • minyak untuk menggoreng

Untuk isi:

  • 250 gr. daging cincang
  • 1 ukuran sedang bawang bombay, cincang
  • 1 siung bawang putih, iris tipis
  • 100 gr. wortel, potong dadu kecil2
  • 125 ml. air
  •  2 batang seledri, cincang
  • garam dan merica bubuk secukupnya
  • 1/4 sdm. tepung terigu, larutkan dengan 1 sdm. air
  • 1 sdm. margarin

Cara membuat:

  1. Haluskan kentang yang sudah dikukus selagi masih panas. Campur dengan susu bubuk, garam, merica, dan 1 kuning telur. Aduk hingga rata. Sisihkan.
  2. Untuk isi: tumis dengan margarin bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Masukkan daging cincang dan wortel, aduk. Tuang air. Masukkan garam, merica, dan seledri. Aduk dan kecilkan api. Biarkan hingga matang. Tuang larutan terigu, aduk dan angkat dari kompor. Biarkan sampai dingin.
  3. Ambil 2 sendok makan kentang, bentuk bulatkan dan pipihkan. Masukkan isi sebanyak kurang lebih 2 sendok teh. Tutup dan bentuk lonjong.
  4. Balurkan ke dalam sisa telur yang sudah dikocok lepas. Kemudian gulingkan dalam tepung roti. Ulangi sekali lagi proses ini.
  5. Goreng dalam minyak panas (tenggelam) hingga kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

Sumber: Seri Masak Femina PRIMARASA

January 9, 2007 at 7:01 pm 1 comment

Bitterballen

Bahan-bahan:

  • 250 gr. daging cincang
  • 100 gr. margarin
  • 100 gr. bawang bombay, cincang
  • 100 gr. tepung terigu
  • 300 ml. susu cair
  • garam, merica, pala bubuk, dan gula pasir secukupnya
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 150 gr. tepung panir

Cara membuat:

  1. Sangrai daging cincang sampai airnya mengering. Angkat.
  2. Tumis bawang bombay dengan margarin hingga layu dan harum. Masukkan terigu, aduk cepat hingga rata.
  3. Tuang susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata, lalu masukkan daging cincang yang sudah disangrai.
  4. Masukkan garam, bubuk pala, merica dan gula pasir. Aduk lagi kemudian cicipi. Angkat dan dinginkan.
  5. Bentuk adonan seperti bola-bola. Besar kecilnya terserah.
  6. Kemudian celupkan ke dalam telur dan guling-guling di tepung panir.
  7. Ulangi lagi dengan mencelup bola ke dalam telur dan diguling dalam tepung panir.
  8. Goreng dalam minyak goreng yang sudah panas (tenggelam dalam minyak). Angkat dan tiriskan.
  9. Sajikan

Sumber: Buku resep ‘Seri Masak Femina PRIMARASA’

December 30, 2006 at 4:51 pm 2 comments

Sacher Torte

Bahan-bahan:

  • 300 gr. mentega
  • 300 gr. tepung terigu
  • 8 kuning telur
  • 100 gr. coklat masak (zartbitter/yang dark),lelehkan
  • 300 gr. gula pasir
  • 2 sdm. bubuk coklat
  • 50 gr. roti kering yang sudah ditumbuk.
  • 8 putih telur

(more…)

December 26, 2006 at 11:50 pm 3 comments

Vanillekipferl

Bahan-bahan:

  • 280 gr. tepung terigu
  • 50 gr. hazelnut yang sudah jadi bubuk
  • 50 gr. kacang almond yang sudah jadi bubuk (kayaknya kalo 2 jenis kacang di atas gak ada, bisa diganti kacang tanah)
  • 70 gr. gula pasir
  • secuil, sejumput..yah pokoknya sedikit banget garam
  • 200 gr. mentega dingin, potong-potong dadu
  • 2 kuning telur
  • 4 bungkus vanili
  • 200 gr. gula bubuk

(more…)

December 26, 2006 at 11:49 pm 1 comment

Marmorkuchen-Kue Marmer

Bahan-bahan:

  • 4-5 butir telur, pisahkan kuning dengan putihnya
  • 300 gr. mentega
  • 300 gr. gula pasir
  • 300 gr. tepung terigu
  • 3 sdm. bubuk coklat

(more…)

December 26, 2006 at 11:47 pm Leave a comment

Schwarzwälder-Kirsch-Torte aka Black Forest

Bahan-bahan:

Untuk bolu:

  • 6 butir telur, pisahkan kuning dan putihnya.
  • 175 gr. gula pasir
  • 150 gr. tepung terigu
  • 90 gr. mentega, cairkan
  • 140 gr. dark cooking chocolate, lelehkan

Untuk filling:

  • 750 gr. cherry (tanpa biji, dari gelas)
  • 80 gr. gula pasir
  • 1/2 sdt. bubuk kayu manis
  • 2 sdm (peres) cornstarch
  • 1 sdm air
  • 6 sdm. selai cherry
  • 3 sdm. air dari cherry di gelas
  • 3/4 liter whipped cream
  • 1-2 sdm. gula pasir

Cara membuat:

  1. Kocok gula dengan kuning telur di dalam wadah yang ditaruh di atas air panas, sampe kelihatan creamy. Angkat wadahnya dari air panas.
  2. Masukkan terigu sambil diayak. Jangan sambil diaduk !
  3. Masukkan mentega cair, kemudian coklat leleh.
  4. Di wadah terpisah, kocok putih telur hingga kaku. Ngetesnya, kalo wadah dibalik, si putih telur gak tumpah..hihihi..
  5. Masukkan sepertiga dari putih telu ke dalam campuran pertama. Aduk pelan-pelan.
  6. Masukkan sisa kocokan putih telur, aduk sampe rata.
  7. Tuang ke dalam cetakan (springform: 22 cm) yang sudah dioles mentega dan ditaburi terigu.
  8. Panggang dalam oven dengan suhu 180°C selama 35 menit atau bila ditusuk dengan tusuk gigi tidak lengket.
  9. Keluarkan bolu dari cetakan. Dinginkan selama kurang lebih satu jam.

Untuk isi:

  1. Masak cherry, gula, bubuk kayu manis. Bila sudah masak, masukkan cornstarch yang sudah diaduk dengan air. Angkat.

Cara nyusunnya:

  1. Belah bolu jadi empat.
  2. Potongan pertama (paling bawah), dioles dengan selai cherry yang sudah dicampur dengan air dari cherry dalam botol.
  3. Tumpuk dengan bolu. Olesi dengan cherry masak.
  4. Tumpuk lagi dengan bolu. Olesi dengan whipped cream yang sudah dikocok dengan gula.
  5. Tumpuk bolu terakhir. Oles lagi dengan whipped cream sampe menutupi keseluruhan bolu.
  6. Hias kue sesuai selera.

Lah, salah ngetik buat watermark di foto. ..rumahkiesel deh..hahaha… Dan, ehm..berhubung ini untuk pertama kalinya saya membuat Black Forest…mohon maklum deh sama bentuk hiasannya … Trus bolunya sendiri gak lembut, tipikal bolu-bolu di sini lah.

Sumber: Buku resep ‘BACKEN-Die neue große Schule’

October 24, 2006 at 7:19 pm 1 comment

Schwarz-Weiss-Gebäck (Kue Hitam Putih)

Bahan-bahan:

  • 150 gr. gula pasir
  • 150 gr. mentega, potong kecil-kecil
  • 300 gr. tepung terigu
  • 1 butir telur

Selain itu:

  • 1 sendok teh bubuk coklat
  • 1 putih telur

Cara membuat:

  1. Tepung terigu diayak di dalam wadah, tekan tengahnya supaya membentuk mangkuk.
  2. Tuang gula, kemudian telur ke dalam lubang di tepung tersebut.
  3. Tempatkan potongan-potongan mentega di sekeliling gundukan terigu. Lalu uleni semua sampe menjadi adonan yang licin.
  4. Bulatkan adonan. Bungkus dengan plastik, simpan di dalam kulkas beberapa saat.
  5. Ambil segenggam adonan, sisihkan.
  6. Sisanya dibagi dua. Yang setengah dicampur dengan bubuk coklat.
  7. Giling adonan yang berwarna terang, membentuk persegi panjang dengan ketebalan 0,5 cm. Oles dengan putih telur atasnya. Lalu potong memanjang, dengan lebar 0,5 cm. Begitu juga dengan adonan yang berwarna coklat.
  8. Kemudian susun bertumpuk selang-seling antara adonan putih dan coklat dan terlihat seperti papan catur.
  9. Bungkus dengan adonan yang disisihkan (berwatna terang). Bungkus dengan plastik lagi. Taruh di kulkas.
  10. Kemudian potong-potong setebal 0,5 cm.
  11. Panggang dalam oven suhu 200°C selama 10 menit.

Sumber: Buku resep ‘BACKEN-Die neue große Schule’

Bahan-bahannya memang sederhana, yang bikin aku frustasi, ya bikin si kue beneran kelihatan belang-belang .

October 24, 2006 at 6:58 pm 2 comments

Older Posts


September 2016
M T W T F S S
« Jan    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Credits