Siomay Bandung

July 5, 2006 at 7:45 am 3 comments

Dari wiken kemarin udah kepengen banget makan siomay Bandung. Cuma baru hari ini punya semangat ngebuatnya. Berbahagialah temans yang tinggal jegad tukang siomay depan rumahnya kalo mau makan sesuatu. Sebetulnya ngubek di dapurnya Ika cari resep siomay..cuma gak keliatan (apa mata gue dah lamur yak), jadi ya udaaah… liat di resep yang udah pernah aku print. Rasanya okeh lah buat amatir seperti gue..cuma kurang puas nih sama bumbu kacangnya. Masih kurang halus nge-gilingnya. So, silahkan mencobaaa….membuatnya…

Bahan dasar :

  • 350 gr. daging ayam, cincang
  • 250 gr. udang, cincang
  • 100 gr. tepung kanji (karna gak ada, gw ganti dengan tepung tapioka)
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdm. minyak wijen
  • 1 sdt. garam
  • 1/2 sdt. merica
  • 1 butir telur, kocok


Bahan pembungkus siomay:

  • Kulit pangsit
  • Tahu putih
  • Kentang
  • Kol, buang tulangnya. Rebus sampe layu

Semuanya gue kira-kira aja. Resep asli pake pare dan timun juga. Trus tambah telur rebus deh.

Bahan bumbu kacang:

  • 100 gr. kacang tanah, goreng
  • 50 gr. kemiri, goreng
  • 2 siung bawang putih, goreng
  • 2 cabe merah, kukus
  • 1 sdm. cuka
  • 1/2 sdm. garam
  • 2 sdm. gula pasir
  • 100 cc air matang

Bahan Pelengkap:

  • Saus tomat
  • Kecap manis
  • Jeruk limo/nipis

Cara membuat:

Adonan dasar: Semua bahan digiling jadi satu. Masukkan adonan ke dalam kulit pangsit, kol, tahu dan kentang kalo mau. Untuk tahu dan kentang dicongkel terlebih dulu.

Untuk Saus: Haluskan semua bahan. Tambahkan air matang.

Hidangkan…..

Sumber: http://www.melroseflowers.com

Entry filed under: Dikukus, Jajan Pasar. Tags: .

Dark Chocolate Cake Pukis

3 Comments Add your own

  • 1. becky  |  December 27, 2006 at 9:01 pm

    boleh di contek tresepnya..lagi kangen makan baso siomay…

    salam kenal dari Tampa, Florida

  • 2. Ratna  |  December 12, 2007 at 12:53 pm

    Wah….resepnya …bikin hungry neh…pls kasi resep cara bikin bakso sendiri tuh gimana ya..thanks..a..lot
    Good Luck ya
    Tchüüüüssssssss

  • 3. sylvia, jake and matt  |  January 28, 2008 at 1:37 am

    mantap deh…..bikin ngiler

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


July 2006
M T W T F S S
« Jun   Oct »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Credits


%d bloggers like this: