Schwarz-Weiss-Gebäck (Kue Hitam Putih)

October 24, 2006 at 6:58 pm 2 comments

Bahan-bahan:

  • 150 gr. gula pasir
  • 150 gr. mentega, potong kecil-kecil
  • 300 gr. tepung terigu
  • 1 butir telur

Selain itu:

  • 1 sendok teh bubuk coklat
  • 1 putih telur

Cara membuat:

  1. Tepung terigu diayak di dalam wadah, tekan tengahnya supaya membentuk mangkuk.
  2. Tuang gula, kemudian telur ke dalam lubang di tepung tersebut.
  3. Tempatkan potongan-potongan mentega di sekeliling gundukan terigu. Lalu uleni semua sampe menjadi adonan yang licin.
  4. Bulatkan adonan. Bungkus dengan plastik, simpan di dalam kulkas beberapa saat.
  5. Ambil segenggam adonan, sisihkan.
  6. Sisanya dibagi dua. Yang setengah dicampur dengan bubuk coklat.
  7. Giling adonan yang berwarna terang, membentuk persegi panjang dengan ketebalan 0,5 cm. Oles dengan putih telur atasnya. Lalu potong memanjang, dengan lebar 0,5 cm. Begitu juga dengan adonan yang berwarna coklat.
  8. Kemudian susun bertumpuk selang-seling antara adonan putih dan coklat dan terlihat seperti papan catur.
  9. Bungkus dengan adonan yang disisihkan (berwatna terang). Bungkus dengan plastik lagi. Taruh di kulkas.
  10. Kemudian potong-potong setebal 0,5 cm.
  11. Panggang dalam oven suhu 200°C selama 10 menit.

Sumber: Buku resep ‘BACKEN-Die neue große Schule’

Bahan-bahannya memang sederhana, yang bikin aku frustasi, ya bikin si kue beneran kelihatan belang-belang .

Entry filed under: Dipanggang, Kue Kering. Tags: .

Kaastengel Schwarzwälder-Kirsch-Torte aka Black Forest

2 Comments

  • 1. linae  |  October 25, 2006 at 7:22 am

    wekz… ini toh kue papan caturnya…qiqiqi… tp keren kok, pasti enak nih😉

  • 2. Lebaran-Cerita Kilat « Di bawah satu atap  |  October 25, 2006 at 9:26 am

    […] So, lebaran tahun ini, aku ngundang ibu mertua. Berhubung Dieter harus kerja di luar kota dan Daniel ke Kindergarten, undang beliau deh biar gak sepi. Minggu sebelumnya aku dah buat Kaastengel dan Kue Papan Catur..hihihi… Malamnya sebelum ibu mertua datang, aku coba kue Black Forest. Semua hasilnya (foto dan resep) aku taruh di sini. Jangan diketawain ya kalo lihat hasilnya. Namanya juga amatir..heee… Di hari lebarannya sendiri, aku gak masak masakan yang biasa disuguhkan kebanyakan di Indonesia. Berhubung ibu mertua udah tua, udah sering ke rumah sakitnya..gak ada deh masakan yang pake santan. Apalagi yang pedes-pedes. Akhirnya dapet ide dari Ika di Tonspil, buat Nyabu..haiyaaa… ludes ternyata. Ibu mertua seneng dan tertarik banget makan dengan cara begitu. Beliau nyuruh buat lagi kapan-kapan dan undang keluarga yang lainnya. Tenaaang..selama ogut gak perlu masak-masak..hihihi.. Selain itu, aku buat mie goreng. Wah, nambah juga loh Mutter…laper yah buw..hahaha… Pulangnya, beliau bawa Kaastengel. Seneng ya, walo gak istimewa tapi orang suka apa yang kita suguhi. Kebayar capeknya. Shabu dan mie gorengnya aku lupa foto, dah lafer dan serbu bo. Cerita kedua, hari Jumat ini kita udah dapat kunci apartemen barunya. So, mulai wiken dah mulai pindah-pindah barang. Tanggal 10 Nopember, sambungan telepon dan internet pun bakal terputus. Jadi, mohon maaf yah, kalo gak bisa keliling sering-sering dulu. Dah, mo tidur dulu deh… […]


October 2006
M T W T F S S
« Jul   Dec »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Credits


%d bloggers like this: